HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI ATLET FUTSAL PUTRI
Keywords:
Dukungan Orangtua, Motivasi Berprestasi, Atlet Futsal PutriAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan orangtua dan motivasi berprestasi pada atlet futsal putri. Desain penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional dengan populasi atlet futsal di Akademi Mayasari Futsal. Peneliti menentukan subjek berdasarkan pada kecocokan atau kriteria yang telah ditentukan dengan jumlah sampel 23 atlet futsal putri yang masuk dalam kriteria penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuisioner yang telah diuji nilai validitas dan reabilitasnya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling yang sesuai dengan kriteria penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data berikut ini adalah S nilai signifikansi sebesar 0.471 > 0.05 atau H0 ditolak. Maka dapat disimpilkan bahwa tidak terdapat hubungan antara dukungan orang tua dan motivasi berprestasi pada atlet futsal putri di Akademi Mayasari Futsal. Artinya bahwa bukan hanya dukungan orangtua satu-satunya yang menjadi faktor bagi motivasi berprestasi pada atlet futsal putri.
References
Clarasasti, E. I., & Jatmika, D. (2017). Pengaruh Kecemasan Berolahraga terhadap Motivasi Berprestasi Atlet Bulutangkis Remaja di Klub J Jakarta. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 121–132.
Effendi, R. (2016). Pengaruh Metode Latihan Practice Session, Test Session dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Menendang Dalam Sepak Bola. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(1).
Garliah, L., & Nasution, F. K. S. (2009). PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM MOTIVASI BERPRESTASI. Psikologia, 1(1), 38–47. https://adoc.pub/queue/peran-pola-asuh-orang-tua-dalam-motivasi-berprestasi.html
Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Hawari, D. (1997). Alquran Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Mental. Dana Bhakti Yasa.
Husdarta. (2011). Psikologi Olahraga. Alfabeta.
Imanudin. (2014). Bahan Ajar Ilmu Kepelatihan Olahraga. Universitas Pendidikan Indonesia.
Istifarani, F. (2016). PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER SISWA DI SMK NEGERI 1 DEPOK [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/34261/
Lhaksana, J. (2011). TAKTIK DAN STRATEGI FUTSAL MODERN. Be Champion (Penebar Swadaya Group). https://books.google.co.id/books?id=ANtjCgAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi penelitian kesehatan. Rineka Cipta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=879968
Nurzaman, P. (2014). Hubungan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Atlet dalam Olahraga Judo. Universitas Pendidikan Indonesia.
Pancawati, R. (2013). Penerimaan Diri dan Dukungan Orangtua Terhadap Anak Autis. Psikoborneo : Jurnal Ilmu Psikologi, 1(1), 23–27. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i1.3281
Rifky, S., Malahayati, T., Udin, T., Bakhtiar, A. F., & Sambudi, L. (2023). MANAJEMEN PELATIH EKSTRAKULIKULER DI RA MA’ARIF LANGUT KABUPATEN INDRAMAYU. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 10(2), 59–67. https://doi.org/10.32534/jjb.v10i2.4521
Rosmita, & Nainggolan, K. (2015). Pengaruh Kepemimpinan, Iklim Organisasi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. bintang Mandiri Finance Jawa Barat. Ecodemica, 3(2), 516–528. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/download/46/34
Rumiani, R. (2006). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 3(2).
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak (M. Rachmawati & A. Kuswanti (eds.); 11th ed.). Erlangga.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health psychology. Biopsychosocial Interactions.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta.
Winardi, J. (2002). Motivasi dan pemotivasian dalam manajemen (1st ed.). RajaGrafindo Persada. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=186157
Wulandari, S. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar, Perilaku Belajar dan Model Pembelajaran Konstruktivisme terhadap prestasi belajar mahasiswa kelas reguler fakultas ekonomi dan bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Esensi:Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 37–48. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/31227/1/Soliyah Wulandari.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizal Fathurrohman, Sumardiyanto, Mustika Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.