EVALUASI PROGRAM LATIHAN CABANG OLAHRAGA SEPATU RODA KLUB KING INLINE SKATE SINGAPERBANGSA (KISS) KARAWANG

Authors

  • Nur Azizah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dany Universitas Singaperbangsa
  • M. Arief Setiawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Qorry Armen Gemael Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Habibi Hadi Wijaya Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

evaluasi, program latihan, sepatu roda

Abstract

Penelitian ini membahas tentang evaluasi program latihan cabang olahraga sepau roda klub King inline skate singaperbangsa Karawang. Olahraga sepatu roda dikenal sebagai inline skating yang merupakan aktivitas olahraga dilakukan dengan menggunakan sebuah sepatu yang memiliki beberapa roda dibawahnya yang berfungsi sebagai tumpuan kaki untuk meluncur pada jalanan datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana evaluasi program latihan cabang olahraga sepatu roda klub King inline skate singaperbangsa Karawang. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan model evaluasi CIPP. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Pelatih dan atlet adalah sumber data penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu evaluasi program latihan cabang olahraga sepatu roda klub King inline skate singaperbangsa Karawang, maka keseluruhan indikator mendapatkan kriteria baik yang berarti program latihan sudah berjalan dengan optimal.

References

Arni, I. H., Gunawan, G., Fatwa, B., & Sentoso, I. (2021). Kegunaan Model CIPP dalam Evaluasi Pendidikan Inklusi. Masaliq,1(3), 164–175. https://doi.org/10.58578/masaliq.v1i3.60

Andika Thio Rahman, R., Irianto, G., & Rosidi, R. (2019). Evaluation of E-Budgeting Implementation in Provincial Government of DKI Jakarta Using CIPP Model Approach. Journal of Accounting and Investment, 20(1). https://doi.org/10.18196/jai.2001110

Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.

Mulyadi, S., & Fairuza, F. (2015). Mulyadi, Suprayekti, Fathia Fairuza, Evaluasi Program (Jakarta: Lembaga Pengembangan UNJ, 2015), h.1 16. Lembaga Pengembangan UNJ, 16–56.

Nasution, I., Junani, B. L., Fahmi, D., & Khairani, E. P. (2022). Perkembangan Pada Evaluasi Program Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurus Salam. CERMIN: Jurnal Penelitian, 6(2), 422. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i2.1806

Purnomo, E. (2019). Pengaruh Program Latihan terhadap Peningkatan Kondisi Fisik Atlet Bolatangan Porprov Kubu Raya. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 2(1), 29. https://doi.org/10.26740/jses.v2n1.p29-33

Septian et al. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165.

Taufiqurrahman, M., Setiawan, D. B., Fitriah, R. A., & Hidayat, D. (2022). Penggunaan Model Cipp (Context, Input, Process, Dan Product) Dalam Evaluasi Program Asistensi Mengajar Di Tk Miftakhul Jannah. MATHEdunesa, 11(3), 677–683. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p677-683

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Azizah, N., Aulia, D., Setiawan, M. A., Armen Gemael, Q., & Hadi Wijaya, H. (2024). EVALUASI PROGRAM LATIHAN CABANG OLAHRAGA SEPATU RODA KLUB KING INLINE SKATE SINGAPERBANGSA (KISS) KARAWANG. JOKER (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 5(2). Retrieved from http://joker.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/214