HUBUNGAN POWER TUNGKAI TERHADAP KETERAMPILAN SPIKE BOLA VOLI PADA SEKOLAH BOLA VOLI RAMOZZ SPORT

Hubungan Power Tungkai Terhadap Spike Bola Voli Pada Sekolah Bola Voli Ramozz Sport

Authors

  • Nizar Nizar Henza Nurtsalim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dany Aulia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • M. Arief Setiawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Habibihadiwijaya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Deden Akbar Izzuddin Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

hubungan, power tungkai, spike

Abstract

Permasalahan yang ada di sekolah bola voli Ramozz Sport adalah masalah yang sejalan dengan masalah yang akan peneliti teliti. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut salah satunya dari power otot tungkai, diantaranya adalah Spike yang banyak menyangkut pada net atau bola tidak menyebrangi net, bola melambung dan keluar dari lapangan.Oleh karena itu, penulis bertujuan untuk mengetahui hubungan power tungkai terhadap keterampilan spike pada bola voli. Terdapat beberapa pengalaman penulis dan melihat kondisi di sekolah bola voli Ramozz Sport yang sangat searah dan sejalan dengan tujuan penulis. Maka dari itu penulis akan melakukan penelitian yang berjudul Hubungan Power Tungkai  Terhadap Keterampilan Spike Bola Voli Pada Sekolah Bola Voli Ramozz Sport. Populasi adalah merupakan wilayah generalisasi yang terdiri dari obyek/subyek yang memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Itulah definisi populasi dalam penelitian (Siyoto & Sodik, 2015). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Bola Voli Ramozz Sport U-17 Yang berjumlah 12 orang

References

Kurnianto, Alwi. (2013). Analisis Smash Atlet bola voli junior ganevo Yogyakarta.

Santoso, Ari, Danang. Irwanto, Edi. (2018). Studi Analisis Biomechanics Langkah Awalan (Footwork Step) Open Spike Dalam Bola Voli Terhadap Power Otot Tungkai . Saputra, Mirja. Bustamam, Ifwandi. (2016). Hubungan Kelentukan Pergelangan Tangan Dan Tinggi Lompatan Dengan Hasil Smash Bola Voli Pemain Bola Voli Tim Himadirga

Prastya, Agung, Reza. Sulistyarto, Soni. (2019). Analisis Efektivitas Spike Tim Bolavoli Surabaya Bhayangkara Samator Pada Final Proliga 2019.

Setiawan, Deni. (2018). Pengaruh Latihan Spike Menggunakan Bola Modifikasi Terhadap Keterampilan Spike Dalam Permainan Bola Voli.

Perpustakaan Riau Nurhasan. (2000). Tes dan Pengukuran Olahraga.

Adhi, Purwo, Bayu. dkk. (2017) Pengaruh Metode Latihan dan Kekuatan Otot Tungkai terhadap Power Otot Tungkai.

Refiater, Hasian, Ucok. (2012). Hubungan Power Tungkai Dengan Hasil Lompat Tinggi

Salmaa., (2021). Penelitian Eksperimen: Pengertian, Karakteristik, dan Langkah-Langkahnya. Penelitian Eksperimen. Retrieved from https://penerbitdeepublish.com/penelitian-eksperimen/

Deka, Mori, Saputra. Gusniar. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli melalui bermain bola .

Rachmi, Marsheilla, Aguss. Eko, Bagus, Fahrizqi. Prabowo, Aji, Wicaksono. (2021). Efektivitas Vertical Jump Terhadap Kemampuan Smash Bola Voli Putra.

Nurhasan. Cholil, Hasanudin. (2014). Modul Tes dan Pengukuran Keolahragaan.

Widiastuti. (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga.

Ratna, D., Tangkudung, S. J., & Hanif, A. S. (2018). Evaluasi Program Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Bolavoli Pasir Putri Dki Jakarta. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 2, 8–16.

Aulia, D. (2013). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Passing Dalam Pembelajaran Sepakbola Di SMP Negeri 3 Lembang [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/3234

Lardika, Angga, Rola. Salam. (2019). Tinjauan Kemampuan Keterampilan Teknik Dasar Bola Voli Pada Siswa Ekstrakulikuler Bola Voli Sman 1 Bunut. Jurnal Of Sport Education.

Aguss, Marsheilla, Rachmi. Fahrizqi, Bagus, Eko. dkk. (2021). Efektivitas Vertical Jump Terhadap Kemampuan Smash Bola Voli Putra. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.

Achmad, Zinat, Irfan. (2016). Hubungan Antara Power Tungkai, Koordinasi Mata, Tangan, Dan Rasa Percaya Diri Dengan Hasil Keterampilan Open Spike Bola Voli. Jurnal Pendidikan Unsika.

Indah, Hasibuan, Gusma. Makalah Bola Voli. Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan SMAN 3 Medan.

Saputra, Deka, Gusniar. (2019). Meningkatkan Hasilbelajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Bermain Melempar Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga.

Ade, Muhammad. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas Pada Permainan Bola Voli Melalui Variasi Pembelajaran Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.

Mahendra, Agung. (2015). Pengaruh Latihan Barrier Hop Terhadap Hasil Smash Pada Permainan Bola Voli Ekstrakulikuler Di SMAN 11 Palembang Tahun 2015.

Setiawan, Deni. (2018). Pengaruh Latihan Spike Menggunakan Bola Modifikasi Terhadap Keterampilan Spike Dalam Permainan Bola Voli. Jurnal Of Sport.

Wahyudi, Bangkit. (2013). Hubungan Power Tungkai Dengan Kemampuan Renang Gaya Dada Siswa Kelas V SDN 1 Metenggeng Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga.

Santoso, Wahyu, Dwi. (2015). Pengaruh Pelatihan Squat Jump Dengan Metode Interval Pendek Terhadap Daya Ledak (Power) Otot Tungkai. Jurnal Kesehatan Olahraga.

Nugroho, Fadli. (2014). Hubungan Daya Ledak (Power) Otot Tungkai Dengan Kemampuan Jump Shoot Pada Permainan Bola Basket Di SMPN 1 Curup Timur.

https//digilib.ikippgriptk.ac.idideprint7463BAB%20II.pdf

Wismiarti. Hermanzoni. (2020). Pengaruh Kekuatan Otot Lengan Dan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Smash Bola Voli. Jurnal Patriot.

https://min1sleman.sch.id/blog/vertikal-jump-tes-kebugaran-jasmani-indonesia-tkji/

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6249265/tungkai-adalah-pengertian-fungsi-dan-susunan

Siregar, Zulham, Haris. (2019). Kontribusi Power Otot Tungkai Dan Kelenturan Pinggang Terhadap Kemampuan Menendang Bola Ke Sasaran (Shooting) Pada Sepakbola Siswa Putra SMA Olahraga Masmur Pekanbaru.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Nizar Henza Nurtsalim, N., Aulia, D., Arief Setiawan, M. A., Hadi Wijaya, H., & Akbar Izzuddin, D. (2024). HUBUNGAN POWER TUNGKAI TERHADAP KETERAMPILAN SPIKE BOLA VOLI PADA SEKOLAH BOLA VOLI RAMOZZ SPORT: Hubungan Power Tungkai Terhadap Spike Bola Voli Pada Sekolah Bola Voli Ramozz Sport. JOKER (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 5(2), 182–190. Retrieved from http://joker.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/223