PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LEMPAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NASIONAL MALANG

Authors

  • Dandy Novantua Nababan Universitas negeri malang
  • Mu'arifin Universitas Negeri Malang

Keywords:

model pembelajaran, project based learning, lempar

Abstract

Rancangan dalam proses belajar yang tepat, disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan lingkungan belajar, merupakan salah satu keberhasilan proses pembelajaran. Model pembelajaran adalah suatu kerangka atau pola untuk merancang dan merencanakan suatu pembelajaran yang bertujuan mencapai tujuan belajar. Berdasarkan Analisis kebutuhan yang dikerjakan oleh peneliti di sekolah menengah pertama Nasional malang masih mendapati kesulitan dalam melakukan pembelajaran Pendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat dan mengevaluasi sebuah model pembelajaran berbasis Project Based Learning yang bisa membantu dan mempermudah guru dalam melaksanakan kegiatan belajar materi lempar. Pendekatan Research and Development (R&D) pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall digunakan dalam metode penelitian dan pengembangan ini. Hasil persentase dari 3 uji validasi, yaitu ahli pembelajaran 85% (cukup valid), ahli media 93% (Benar-benar valid), dan ahli materi 77% (cukup valid). Dan hasil dari uji coba kelompok sekala sempit 84.1% (Benar -benar valid), dan uji coba kelompok sekala luas 83% (Benar-benar valid). Hasil dari pemaparan diatas Jelas dari bukti bahwa paradigma pembelajaran berbasis proyek yang diajarkan dalam bentuk buku guru adalah alat yang sangat efektif dan tepat sebagai bagian dari proses pendidikan.

References

Ambarwati, D. R., Widiastuti, W., & Pradityana, K. (2017). Pengaruh daya ledak otot lengan, kelentukan panggul, dan koordinasi terhadap keterampilan lempargaya O’Brien. Jurnal Keolahragaan, 5 (2), 207-215.

Aziizu, B. Y. 2015. Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 295–300.

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. 1983. Educational Research: An Introduction, Fifth Edition.

Buchori, A., & Setyawati, R. D. (2015). Development Learning Model Of Charactereducation Through E-Comic In Elementary School. International Journal of Education and Research, 3(9), 369–386.

Coyne, J., Hollas, T., & Potter, J. P. (2016). Jumping in: Redefining teaching and learning in physical education through project-based learning: Column Editor: Anthony parish. Strategies, 29(1), 43-46.

Dasupang, M. D. & Pane, A. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilu Keislaman. 03(2):33–52.

Eskicioglu, Y., Coknaz, H., Celen, A., & Coknaz, D. (2016). The Contributions of Physical Education and Game Activities on Behaviors of Autistic Individuals. Asian Education Studies, 2(1), 20. https://doi.org/10.20849/aes.v2i1.104.

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225

Frank, C., Bekemeier, K., & Menze-Sonneck, A. (2021). Imagery Training In School-Based Physical Education Improves The Performance And The Mental Representation Of A Complex Action In Comprehensive School Students. Psychology of Sport and Exercise, 56, 101972. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2021.101972

Ginting, E. H., & Ray, D. (2018). Pengaruh Kegiatan Bermain Melempar BolaTerhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Assisi Medan. JURNAL TEMATIK, 8(2), 207–214.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Junaedi, A & Wisnu, H. 2016. Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMA, SMK, dan MA Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(3): 834–842.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving schools, 19(3), 267-277.

Kristin, F. 2016. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa Berbasis Permainan 2(2). doi: 10.32734/st.

Mu’arifin (2020). Model Pembinaan Profesi Guru Pendidikan jasmani Olahraga Dan Kesehatan, Malang: Wineka Media

Roux, K. C. J. (2020). The delivery of primary school physical education in South African public schools: The perceptions of educators. South African Journal of Childhood Education, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.4102/sajce.v10i1.813

Solomon, G. (2003). Project-based learning: A primer. Technology and learning-dayton-, 23(6), 20-20.

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Sundari, H. (2015). Model-Model Pembelajaran dan Pemefolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1(2).

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).

Tulyakul, S. (2019). Classroom management strategies and teaching motivation among physical education teachers in primary school. African Educational Research Journal, 7(4), 212–219. https://doi.org/10.30918/aerj.74.19.050

Uno, H. B. (2022). Landasan Pendidikan. Bumi Aksara.

Wicaksono, L. 2016. Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif 1(2):9–19

Widowati, A., & Rasyono. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Senam Lantai Dasar pada Mahasiswa FIK Universitas Jambi. Jurnal SEGAR, 7(1), 11–20

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Novantua Nababan, D., & Mu'arifin, M. (2024). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LEMPAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NASIONAL MALANG. JOKER (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(3), 498–509. Retrieved from http://joker.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/24