PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI MEDIA BIDANG MIRING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KASEPUHAN 05 KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG

Authors

  • Bejo Sapto Utomo Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Risdiani Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Idah Tresnowati Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Keywords:

pendidikan., jasmani., umpp

Abstract

Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PJOK, khusunya pembelajaran senam lantai guling depan melalui media bidang miring. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian Tindakan kelas, di SDN Kasepuhan 05. Dengan Subjek penelitian terdiri dari 21 siswa kelas IV. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media bidang miring pada pembelajaran senam lantai guling depan pada siswa kelas IV SDN Kasepuhan 05 tahun Pelajaran 2023/2024. Menunjukan peningkatan hasil belajar, dilihat dari nilai pretest kategori tuntas 5 siswa atau 23.8% dan yang tidak tuntas 16 siswa atau 76.2% pada siklus 1 didapatkan hasil ketuntasan 13 siswa atau 61.9%, yang tidak tuntas 8 siswa atau 38.1%, dan siklus 2 didapatkan hasil ketuntasan 19 siswa atau 90.5% sedangkan yang belum tuntas 2 siswa atau 9.5%. Hasil ini menunjukan sesuai dengan apa yang sudah ditargetkan yaitu ketuntasan minimal 80%. Dengan demikian hasil ini membuktikan adanya peningkatan hasil belajar secara signifikan.

Kata Kunci: hasil belajar; bidang miring;guling depan.

Author Biographies

Bejo Sapto Utomo, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Mahasiswa penjas prodi pendidikan jasmani UMPP

Risdiani, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Dosen prodi pendidikan jasmani UMPP

Idah Tresnowati, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Dosen Prodi Pendidikan Jasmani UMPP

References

Antoni, M. F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bidang Miring Terhadap Hasil Belajar Guling Belakang Dan Tingkat Kecemasan. 07.

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. Https://Doi.Org/10.36835/Au.V3i1.475

Fatkhurohman, F. (2022). Penggunaan Media Matras Bidang Miring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan Pada Siswa Kelas 4 Sd Negeri Plosowangi. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(4), 276–281. Https://Doi.Org/10.51878/Elementary.V2i4.1721

Nggaa, P. N. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Pada Smp. 5(1).

Riyanto, J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Melalui Alat Bantu Siswa Kelas Iv Semester Ii Sdn 1 Ngampelkulon Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. 3(2).

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Bejo Sapto Utomo, Risdiani, & Idah Tresnowati. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI MEDIA BIDANG MIRING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KASEPUHAN 05 KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG . JOKER (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 5(2), 209–218. Retrieved from http://joker.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/259