PROFIL GERAK NON-LOKOMOTOR SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
gerak non-lokomotor,, pandemi covid-19,, keterampilan gerak,Abstract
Tujuan penelitian ini untuk membuat profil terkait keterampilan gerak dasar non-lokomotor siswa menengah pertama di masa pandemi COVID-19. Survey dilakukan terhadap siswa Sekolah Menengah Pertama di lingkungan Kota Bandung, yaitu SMP Laboratorium School Universitas Pendidikan Indonesia. Rata-rata sampel berusia 13-15 tahun, terdiri dari 109 responden putra sebanyak 45 siswa (41%) dan putri sebanyak 64 siswa (59%). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif survey. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu tes keterampilan gerak non-lokomotor ini adalah berkaitan dengan keterampilan stabilitas anak yang meliputi beamwalk (berjalan diatas balok), onefoot balance (berdiri di atas balok dengan satu kaki), dan dodging (menghindar) Physical Education for Today’s Children, menjadi sumber data utama dalam penelitian ini. Hasil Penelitian peneliti menyimpukan bahwa tahap keterampilan motorik siswa/i Sekolah Menengah Pertama di SMP Labolatorium School di masa pandemi menunjukan siswa yang memiliki keterampilan gerak di tahap initial stage yaitu 34% untuk beamwalk test, 25% untuk onefoot balance, dan dodging sebesar 25%. Sedangkan pada tahap elementary 42% untuk beamwalk, 42% untuk onefoot balance, dan dodging sebesar 42%, serta siswa/i yang sudah dalam tahap mature yaitu 24% untuk beamwalk, 33% untuk onefoot balance, dan dodging sebesar 33%.
References
Aguss, R. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Usia 5-6 Tahun Pada Era New Normal. Sport Science and Education Journal, 2(1), 21–26. https://doi.org/10.33365/ssej.v2i1.998
Ariana, R. (2016). PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK.
Choirunissa, R., Syamsiah, S., & Komala, I. R. (2020). Analisis Deteksi Dini Kesehatan jiwa Remaja di Masa Pandemi COVID-19. Repository Universitas Nasional Jakarta, 1–13. http://repository.unas.ac.id/id/eprint/818
Fallo, I. S., Ardimansyah, A., & Hidayati, N. (2020). Dimensi Pembelajaran Permainan Kasti Berbasis Perkembangan Motorik Dengan Gaya Mengajar Komando Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(1), 41. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1399
Fikriyah, S. N. (2021). Analisis Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Tajem. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 200–207. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.121
Firdaus, M. A., & Nurrochmah, S. (2021). Survei Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif Siswa Putri Kelas VII. Sport Science and Health, 3(5), 235–253. https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p235-253
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Gallahue, D. L. (2012). David L. Gallahue - Developmental Physical Education for Today’s School Children-Brown & Benchmark Pub (1995).pdf (p. 48).
Gallahue, D. L., & Donnelly, F. C. (2007). Developmental physical education for all children. Human Kinetics.
Giri Wiarto. (2015). Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani.
Harvianto, Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3485
Harvianto, Y., Tenri, A., Wire, N., & Sakti, P. (2021). Persepsi Mahasiswa PJKR FKIP UPR Terhadap Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. 6(2), 88–98. http://journal.upgris.ac.id/index.php/jendelaolahraga/article/view/8571
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Hidayati, Z. (2010). No Title.
Isriyah, M. (2017). Pengembangan Tari Glethak Untuk Meningkatkan Gerak Non Lokomotor Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 2(1).
Karyono, K., Rohadin, R., & Indriyani, D. (2020). Penanganan Dan Pencegahan Pandemi Wabah Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Indramayu. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 164. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29127
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44
Kurniasih, E. P. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Penurunan Kesejahteraan Masyarakat Kota Pontianak. Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan 2020, 277–289.
Le Masurier, G., & Corbin, C. B. (2006). Top 10 Reasons for Quality Physical Education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 77(6), 44–53. https://doi.org/10.1080/07303084.2006.10597894
Muliadi. (2022). Pembelajaran Atletik di SD dengan Pendekatan Pembinaan Gerak Dasar Melalui Permainan. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–11. https://ojs.unm.ac.id/IPTEK/article/view/30945/14293
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Nuryadi, N., Negara, J. D. K., Juliantine, T., Slamet, S., & Gumilar, A. (2018). Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Kemampuan Konsentrasi dan Respon Kortisol. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(2), 122–128. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.12578
Pratomo, T. B. (2011). Aplikasi Model Pakem Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Anak. Jurnal Skripsiku, 4–6.
Rezki, R. (2016). Analisis Gerak Motorik Dasar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Journal Sport Area, 1(1), 63. https://doi.org/10.30814/sportarea.v1i1.375
Richard Decaprio. (2020). No Title.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05
Syamsu Yusuf. (2014). Psikologi perkembangan anak & remaja / H. Syamsu Yusuf L.N. ; pengantar, M. Djawab Dahlan.
Wicaksono, D. C., & Nurhayati, F. (2013). Motor Ability ). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 01, 98–103.
Yanti, N. P. E. D., Nugraha, I. M. A. D. P., Wisnawa, G. A., Agustina, N. P. D., & Diantari, N. P. A. (2020). Public Knowledge about Covid-19 and Public Behavior During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 491. https://doi.org/10.26714/jkj.8.4.2020.491-504
Aguss, R. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Usia 5-6 Tahun Pada Era New Normal. Sport Science and Education Journal, 2(1), 21–26. https://doi.org/10.33365/ssej.v2i1.998
Ariana, R. (2016). PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK.
Choirunissa, R., Syamsiah, S., & Komala, I. R. (2020). Analisis Deteksi Dini Kesehatan jiwa Remaja di Masa Pandemi COVID-19. Repository Universitas Nasional Jakarta, 1–13. http://repository.unas.ac.id/id/eprint/818
Fallo, I. S., Ardimansyah, A., & Hidayati, N. (2020). Dimensi Pembelajaran Permainan Kasti Berbasis Perkembangan Motorik Dengan Gaya Mengajar Komando Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(1), 41. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1399
Fikriyah, S. N. (2021). Analisis Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Tajem. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 200–207. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.121
Firdaus, M. A., & Nurrochmah, S. (2021). Survei Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif Siswa Putri Kelas VII. Sport Science and Health, 3(5), 235–253. https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p235-253
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Gallahue, D. L. (2012). David L. Gallahue - Developmental Physical Education for Today’s School Children-Brown & Benchmark Pub (1995).pdf (p. 48).
Gallahue, D. L., & Donnelly, F. C. (2007). Developmental physical education for all children. Human Kinetics.
Giri Wiarto. (2015). Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani.
Harvianto, Y. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i1.3485
Harvianto, Y., Tenri, A., Wire, N., & Sakti, P. (2021). Persepsi Mahasiswa PJKR FKIP UPR Terhadap Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. 6(2), 88–98. http://journal.upgris.ac.id/index.php/jendelaolahraga/article/view/8571
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Isriyah, M. (2017). Pengembangan Tari Glethak Untuk Meningkatkan Gerak Non Lokomotor Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 2(1).
Karyono, K., Rohadin, R., & Indriyani, D. (2020). Penanganan Dan Pencegahan Pandemi Wabah Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Indramayu. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 164. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29127
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44
Kurniasih, E. P. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Penurunan Kesejahteraan Masyarakat Kota Pontianak. Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan 2020, 277–289.
Le Masurier, G., & Corbin, C. B. (2006). Top 10 Reasons for Quality Physical Education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 77(6), 44–53. https://doi.org/10.1080/07303084.2006.10597894
Muliadi. (2022). Pembelajaran Atletik di SD dengan Pendekatan Pembinaan Gerak Dasar Melalui Permainan. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–11. https://ojs.unm.ac.id/IPTEK/article/view/30945/14293
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Nuryadi, N., Negara, J. D. K., Juliantine, T., Slamet, S., & Gumilar, A. (2018). Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Kemampuan Konsentrasi dan Respon Kortisol. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(2), 122–128. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.12578
Pratomo, T. B. (2011). Aplikasi Model Pakem Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Anak. Jurnal Skripsiku, 4–6.
Rezki, R. (2016). Analisis Gerak Motorik Dasar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Journal Sport Area, 1(1), 63. https://doi.org/10.30814/sportarea.v1i1.375
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05
Syamsu Yusuf. (2014). Psikologi perkembangan anak & remaja / H. Syamsu Yusuf L.N. ; pengantar, M. Djawab Dahlan.
Wicaksono, D. C., & Nurhayati, F. (2013). Motor Ability ). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 01, 98–103.
Yanti, N. P. E. D., Nugraha, I. M. A. D. P., Wisnawa, G. A., Agustina, N. P. D., & Diantari, N. P. A. (2020). Public Knowledge about Covid-19 and Public Behavior During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 491. https://doi.org/10.26714/jkj.8.4.2020.491-504
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JOKER (Jurnal Ilmu Keolahragaan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.